Akses POP3/SMTP yahoo.com

4 Dec 2008

Banyak dari kita baru mengetahui bahwa fasilitas POP dan SMTP yang diberikan yahoo mail internasional (yahoo.com) tidak dapat kita nikmati secara gratis baru setelah kita mendaftar, padahal kita ingin sekali menggunakan fasilitas tersebut sementara alamat e-mail kita terlanjur diketahui oleh banyak pihak. Kasus yang sama menimpa saya sekitar lima tahun lalu dan saya mendapatkan jawabannya dari sebuah milis (lupa), cara tersebut masih ampuh hingga sekarang dan saya mendapati sangat banyak dari hari ke hari orang yang menanyakan hal yang sama (saya sampai capek menjawab satu per satu di milis). Jadi, saya memutuskan untuk menuliskan tutorial singkatnya disini saja. Semoga membantu.

Trik agar dapat menggunakan fasilitas POP3/SMTP yahoo.com dengan gratis adalah menggunakan program third party YPOPs!. Program ini prinsipnya mengambil e-mail kita di yahoo halaman-per halaman selayaknya kita mem-browse e-mail kita melalui web. Program ini akan memparsing e-mail kita lalu menyimpannya di sebuah server mail sederhana pada komputer kita. Server mail inilah yang akan memiliki fasilitas POP/SMTP dan bertugas melayani request untuk kedua jenis layanan tersebut sehingga program mail client kita seperti outlook tinggal mengakses layanan SMTP/POP pada server mail lokal tersebut. Jika anda kurang mengerti dengan penjelasan paragraf ini ada baiknya jika anda sedikit membaca artikel saya yang lain mengenai service e-mail di sini.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Download YPOPs! disini dan install

  2. Jalankan program. Jika terjadi error message ketika running program pasca isntalasi itu umumnya terjadi karena salah satu port (110 untuk POP3 atau 25 untuk SMTP) telah digunakan oleh program lain, maka anda dapat mengubah settingan default port yang terpakai tersebut sehingga menggunakan port lain, misalnya SMTP dari port 25 menjadi 110. Namun, anda perlu mengingat settingan tersebut untuk kemudian melakukan hal yang sama pada mail client anda nanti.

  3. Setting email client anda dengan ketentuan sebagai berikut:

    • tipe layanan: POP3/SMTP

    • username: user e-mail yahoo anda

    • password: password yahoo anda

    • POP3 server: 127.0.0.1

    • POP port : 110 (atau yang anda gunakan pada YPOPs!)

    • SMTP server: 127.0.0.1

    • SMTP port : 25 (atau yang anda gunakan pada YPOPs!)

    Optional: setting time out koneksi pada kurun waktu yang lama, misalnya 10 menit. Jika anda kurang mengerti bagaimana menerapkan settingan tersebut di ataspada mail client, ikuti petunjuk saya mengenai settingan microsoft outlook di sini.

  4. Anda sudah dapat menikmati layanan SMTP/POP yahoo mail anda. Pada proses send/receive awal cenderung cukup lama dan anda memang harus bersabar jika koneksi yang digunakan cukup lambat, namun proses selanjutnya send/receive akan lebih lepas.

  5. Jika tiba-tiba suatu saat mail client anda gagal melakukan proses send/receive sementara anda yakin koneksi internet anda baik-baik saja ada baiknya anda menginstall ulang YPOPs!, hal ini cukup membantu.

  6. Selamat bersenang-senang.

Sebagai tambahan set POP3 port 111 dan SMTP 26 biar lancar

 

sumber

 


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post